Senin, 03 Mei 2010

Sejarah Vespa dan Keunikannya

Postingan kali ini, hanya sekedar menyalurkan hobi saya yang lain selain ngeblog, yaitu jalan2 pake scoter alias keong racun alias Vespa. entah kenapa saya menyukai motor yang menurut saya unik dan antik ini, mungkin karena pengaruh lingkungan karena si Om juga punya 2 Vespa dan dua-dua nya sangat menarik dan unik buat saya, atau mungkin karena bawaan dari hati yang merasa bahwa vespa lah sosok kendaraan yang cocok untuk jiwa seperti saya ini, yang menyukai keunikan dan keinginan tampil beda di depan orang lain. tapi entahlah, yang jelas Vespa mempunyai daya tarik tersendiri bagi saya, jika saya harus memilih antara motor Jepang atau motor Italy saya pasti akan pilih Motor Italy yaitu Vespa.

Jika teman semua belum tahu tentang Vespa atau teman mempunyai pertanyaan sekitar vespa saya punya sedikit referensi yang mungkin bisa menjadi jawaban atas pertanyaan tersebut. tapi jika pertanyaannya selain dibawah ini, mungkin saya belum tahu, karena bisa dibilang saya adalah pendatang baru di dunia Vespa ini. dan bagi teman2 yang lebih tahu tolong share pengetahuannya di komentar di bawah ini. baiklah tanpa pikir panjang lagi ini dia referensinyua, cekidot...

Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak mempunyai saingan lagi.

di bawah ini adalah jenis2 vespa dan history produksinya.

1. MP5(moto piagio 5) paperino
diproduksi tahun 1943
di produksi akhir perang dunia ke 2 dengan spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 60Km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
- ban : 4.00-10

MP5(moto piagio 5) paperino2. MP6 Prototipe
diproduksi tahun 1945
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 37.28 mph
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8

MP6 Prototipe
3. Vespa 98 dan vespa 98 II
diproduksi tahun 1946 dan seri kedua dikeluarin setahun setelah itu, di juluki "motoleggera utilitaria vespa"
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 60 Km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8
tidak ade perbedaan significan disini dibedakan oleh design aja. cek this
yang ini keluaran tahun '46 (vespa 98)

Vespa 98 1
4. Vespa 98 cc Race dan vespa 98 cc racing (circuit)
diproduksi pada tahun 1947 mungkin disini perbedaan dari seri sebelum nya yaitu adanya penambahan pada kecepatan dari motor ini dan biasa disebut corsa
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi dan almunium head
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 80km/jam - 98 cc racing : 100km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8
dari segi bentuk silahkan nilai mana yang lebih keren..
vespa 98 cc race
Vespa 98 cc Race circuit
5.Vespa 125 , vespa 125corsa "telaio in lega" , vespa 125 corsa circuit
diproduksi tahun 1948 - 1949 ini lah tahun dimana vespa meluncur kan mesin 125cc dan pada tahun ini juga produksi vespa 98 di stop oleh piagio
vespa 125
Vespa 125 Corsa
vespa 125 corsa
nah yang ini agak aneh di bentuk nya unik banget kan... sekarang saya juga dah gak pernah liat ni ... tapi ada yang lebih aneh lagi loh.

Vespa 125 Corsa Telaio in Legavespa 125 corsa circuit
vespa 125 cicuito
6.vespa monthlery
jenis ini di produksi tahun 1950 dengan model yang lebih sporty dan aerodinamis dengan kecepatan max 136 km/jam , dari segi bentuk emang agak aneh dari sebelum nya

Vespa Monthlery
7. vespa 'siluro' dan vespa 125
pada tahun 1951 ini vespa mengeluarkan 2 produk yang berbeda segmen untuk vespa 'siluro' di keluarkan dengan design yang cukup unik sedangkan untuk vespa 125 yang di produksi lagi mirip dengan vespa keluaran tahun 1948 tetapi memiliki kelebihan lebih nyaman untuk dikendarai karena menggunakan suspensi hydraulic shock
vespa 'siluro'
Vespa Siluro vespa 125 (1951)
Vespa siluro 125

Lihatlah..! Vespa memang terlihat Unik bukan,,? Jalan2 menggunakan skuter ini sangat menyenangkan bagi saya, ada daya tarik dan kepuasan tersendiri yang muncul ketika menggunakannya. jangankan mengendarainya saat di boncengpun terasa perbedaannya. ha.. sungguh lebay diriku ini. Bagaimana degan teman semua, apakah hobi teman sama dengan hobi saya, jika ya, alangkah senangnya saya jika teman semua bisa berbagi cerita tentang uniknya motor Vespa.

9 komentar:

  1. Wahhh... vespanya keren-keren ya...

    BalasHapus
  2. bentuk vespa sampe sekarang pun banyak di variasi yang ...aneh..aneh.....om....

    BalasHapus
  3. wah nice info sobatku :)
    hehe...
    saya sudah follow blog sobat...follow back donk

    BalasHapus
  4. Wah lngkep bner sob informasix. Vespax keren2 ya..pecinta vespa sejati hehe..

    BalasHapus
  5. vespa ???
    waaaaaaaaahhh
    antik dan keren !!

    BalasHapus
  6. waw..referensi vespanya banyak ya...
    nice vespa...^_^

    BalasHapus
  7. sip infox.salam kenal.salam scooteris bro.aku jg seorang scooteris.ini e-mail ku.raflijoko@yahoo.com

    BalasHapus

WARNING
!!!....NO SPAM....!!!!