Minggu, 21 Februari 2010

Penggandaan Kartu ATM dan Cara Keja Skiming

ATM (Automatic Teller Machine atau Automated Teller Machine) yang banyak orang indonesia dikatakan sebagai Anjungan Tunai Mandiri, adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. yang dewasa ini banyak diperbincangkan dimedia masa, hal ini terkait dengan sebuah tindak kejahatan elektronik :Card Skiming. penggandaan kartu ATM sekaligus pencurian kode PIN, sejenis phising scam yang dilakukan secara langsung, tanpa perantara internet yang terjadi di pulau dewata/Bali. Puluhan nasabah melaporkan ke pihak yang berwajib atas raibnya saldo tabungannya. [...]

Jadi bagi anda yang akan mengambil uang dari ATM, harus berhati-hati bila anda tidak ingin bernasib sama seperti yang terjadi di Bali. kata orang, kenali musuhmu dan kenali dirimu, maka engkau tidak dapat dikalahkan dalam seribu pertempuran, ngerti gk..??
maksudnya,, mengenali strategi atau cara pelaku dalam melakukan kejahatanya, bisa membuat kita lebih siap dan bisa mengantisipasinya,,
bener gk..!! kalau salah, tolong dikoreksi ia,, maklum baru belajar nulis neh.

Disini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang cara kerja skiming, tapi ingat ini bukan berdasarkan pengalaman loh, saya hanya dapat dari koran dan majalah yang saya baca, semoga ini bisa bermanfaat bagi anda.
Ada dua tipe skiming, yakni menyalin data kartu secara manual dan elektronis.

  1. Modus pertama, pelaku tidak berinterkasi langsung dengan data yang tersimpan dibalik pita magnetis kartu, melainkan hanya mencatat nama pemegang, nomor, masa berlaku, dan nomor CVV (Credit Veryfication Value) yang tercetak dibelakang kartu. ada juga yang menggunakan penyalin data kartu yang disebut skimmer, biasanya dilakukan oleh oknum karyawan yang tidak jujur pada sebuah merchant resmi, bahkan wkikipedia menyebutkan bahwa kasir restoran dan bar sebagai pelaku dominan aksi skiming ini.
  2. Modus kedua, pelaku menempelkan skimmer di tempat moncong slot kartu di mesin ATM. setiap kali korban memasukan kartu kedalam mesin ATM akan melalui moncong palsu alias skimmer tersebut dan data yang ada didalamnya langsung disalin oleh skimmer. berbeda dengan kartu kredit, kebanyakan kartu ATM dilengkapi dengan PIN. untuk mendapatkan kode PIN pelaku memasang kamera kecil di bawah penutup keypad numerik ATM atau di tempat tersembunyi didalam ruang mesin ATM.
Semoga postingan ini berguna bagi anda, dan pendapat anda sangat berarti bagi saya.

4 komentar:

WARNING
!!!....NO SPAM....!!!!