Rabu, 11 Februari 2009

Tata Cara Wawancara

Ada sejumlah faktor yang perlu diperhatikan bila kita menghadapi wawancara, yaitu
  1. Panggilan untuk wawancara.
  2. Tempat untuk wawancara.
  3. Waktu wawancara.
  4. Tata cara wawancara.
Hakikat surat lamaran bukanlah untuk mendapatkan pekejaan, melainkan untuk mendapatkan kesempatan wawancara. dan hasil wawancara itu yang akan menentukan apakaah lamaran kita akan diterima atau ditolak. Wawancara adalah hakikatnya suatu kesempatan bagi pelamar untuk membuktikan bahwa dia memenuhi syarat untuk menjadi karyawan atau karyawati pada perusahaan, kantor atau lembaga tempat dia melamar.[...]

setelah semua pelamar selesai diwawancara , maka manajer personalia akan menilai siapa di antara mereka yang terbaik sesuai dengan kriteria pelamar.

1. Panggilan wawancara.

bila seorang pelamar telah mendapatkan pangilan wawancara, berarti surat lamarannya telah berhasil. panggilan wawancara tentu menyebutkan tempat dan waktu wawancara. mulai saat itu pelamar harus mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancar itu. persiapan fisik berupa pakaian, aksesori yang di anggap perlu, harus diupayakan yang serba bersih dan bagus. persiapan fisik juga mencakup faktor kesehatan. harus dijaga supaya jangan sakit pada saat akan diwawancara.

2. Tempat wawancara.

tempat wawancara biasanya di kantor manajer personalia. bila pelamar sudah dipersilahkan masuk tempat atau ruangan wawancara, dia akan masuk dengan memberikan salam kepada bapak atau ibu yang sudah menunggunya dan jangan langsung duduk tunggulah sampai dipersilahkan duduk. jangan merokok atau menawarkan rokok di tempat itu.

3. Waktu wawancara.

waktu wawancar menyangkut awal awal wawancara dan lamanya wawancara berlangsung. pada umumnya wawancara itu berlangsung paling lama 30 menit atau kurang. pelamar tidak boleh melihat jam kecuali kalau ditanya oleh pewawancara.

4. Tata cara wawancara.

setelah kita sampai diruang tunngu sebelum wawancar perlu kta memperhatiakan hal berikut ini.
  • Salam
    • ucapkan salam kepada orang-orang yang sudah datang lebih dulu.
  • Masuk
    • pada waktu masuk ruangan , melangkahlah dengan sopan dan tenang.
  • Duduk
    • bila duduk, duduklah dengan sopan dan tenang hindari sikap sombong.
  • Rokok
    • jangan merokok mskipun ada yang menawarkan untuk merokok.
  • Bahasa
    • gunakan bahasa yang sopan.
  • Makan
    • jangan makan dan minum di ruang tunggu.
  • Tertawa
    • jangan tertawa terlalu keras di ruang tunggu.
Saat wawancara pelamar harus selalu waspada dalam menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. sekarang banyak perusahaan yang melakukan wawancara dengan berbahasa inggris. tetapi ada juga manajer personalia yang hanya meminta pelamar untuk bercerita tentang pengalaman hidupnya saja atau cerita tentang bagaimana perjalanan dari rumah sampai tiba di tempat wawancara. biasanya jika menggunakan bahasa inggris manajer personalia menilai dari lafal(pronounciation), lagu bahasa (intonasi), pilihan kata yang tepat (diction), penguasaan tata bahasa (gramer), pengetahuan umum (general knowledge), kecermatan (accuracy) dan sebagainya yang dimiliki oleh pelamar, adapun soal yang menyangkut pekerjaan hanya sedikit yang di tanyakan, wawancara seperti ini hanya untuk menilai kemampuan berbahasa inggris pelamar. bila dia menguasai bahasa inggris aktif dan pasif, dapa diharapkan dia mampu belajar dan menerima pelatihan tentang masalah-masalah praktis dan teknis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WARNING
!!!....NO SPAM....!!!!