Selasa, 27 April 2010

Fenomena Ritual Mayat Bejalan di Tana Toraja

Sungguh aneh jika memabaca judul di atas, mana mungkin mayat bisa berjalan sendiri mencari rumah atau tempat pemakamanya. tapi itulah cerita yang terjadi di Sulawesi Barat tepatnya di Tana Toraja. Mayat manusia yang bisa berjalan diatas kedua kakinya, bagaikan orang hidup yang tidak pernah mati. walaupun mau di cari perbedaannya, ada namun hanya sedikit. Konon menurut Tampubolon, sang mayat berjalan kaku dan agak tersentak-sentak seperti zombie. Dan dalam perjalanan itu ia tidak bisa sendirian, harus ditemani oleh satu orang hidup yang mengawalnya, sampai ketujuan akhir yaitu rumahnya sendiri. Mengapa harus demikian?

Ceritanya begini. Orang-orang Toraja biasa menjelajah daerahnya yang bergunung-gunung dan banyak ceruk dengan berjalan kaki. Dari zaman purba sampai sekarang tetap begitu. Mereka tidak mengenal pedati, delman, gerobak dan semacamnya. Nah dalam perjalanan yang berat itu kemungkinan jatuh sakit dan mati selalu ada. Supaya mayat tidak sampai ditinggal didaerah yang tidak dikenal (orang Toradja menghormati roh setiap orang yang meninggal) dan agar ia tidak menjadi beban manusia lainnya (akan sangat tidak mungkin menggotong terus-menerus jenazah sepanjang perjalanan yang makan waktu berhari-hari), maka dengan satu ilmu gaib, mungkin sejenis hipnotisme menurut istilah jaman sekarang, mayat diharuskan pulang berjalan kaki dan baru berhenti bila ia sudah meletakkan badannya didalam rumahnya sendiri. Dan bayangkan saja, mayat itu tahu arah jalan, serta tahu yang mana rumahnya! Kendati demikian masih ada satu pantangan: mayat jang berjalan itu tidak boleh disentuh. Mungkin kalau disentuh mukjizat/pengaruh ilmu gaib tersebut akan hilang. Wallahu'alam.

Tidak hanya itu keanehan yang terjadi, Konon di sebuah gua di desa Sillanang sejak tahun 1905 telah ditemukan mayat manusia yang utuh, tidak busuk sampai sekarang. Mayat itu tidak dibalsem seperti yang dilakukan orang-orang Mesir Purba bahkan tidak diberi ramuan apapun. Tapi bisa tetap utuh. Menurut pendapat Tampubolon, kemungkinan ada semacam zat digua itu yang khasiatnya bisa mengawetkan mayat manusia. Kalau saja ada ahli geologi dan kimia yang mau membuang waktu menyelidiki tempat itu, mungkin teka teki gua Sillanang dapat dipecahkan.

Sampai sekarang cerita ini masih menjadi perdebatan di sejumlah forum banyak yang membenarkan seperti yang dikatakan oleh MasihAnakOrang "nama didalam sebuah forum yang mengaku sebagai pribumi" begini anggapannya.. "
emang di toraja kaya gitu gan.
sebelum mayat itu di kubur, kluarga/marganya merayakan pesta (gk tau pesta untuk apa)
di kubur nya pun bukan di kuburan biasa, tapi kubur nya di goa batu, kaya gunung gitu gan trus ada goa nya.
nah di goa itu kalo gk salah untuk 1 marga gan.
stiap marga berbeda² tempat/goa nya.
untuk mayat yang bisa jalan itu memang nyata.
mayat nya bisa jalan sendiri dan bisa manjat sendiri (jalan pake kaki di dinding gunung)
kalo kaya gitu pake ritual gan, ane gk tau ritual nya kaya gimana.
kalo ada orang yang ngomongin dan bertanya "mayat nya kok bisa jalan?" atau ih, mayat nya jalan
mayat nya tiba² gk bisa jalan dan ritual yang di jalan akan sia².
makanya kalo orang² tator(tana toraja) kalo mayat nya jalan pasti hening gan.
takut mayat nya gk jalan.
haha."
Tapi ada juga yang menganggap bahwa cerita ini hanya mitos belaka.!! dan kalaupun ada itu di lakukan pada jaman dahulu banget. seperti yang di katakan oleh Gima dalam jawaban pernyataan di atas, di sebuah forum terbuka "prosesi mayat berjalan di tator (tana toraja)itu hanyalah sebuah MITOS belaka!! dan kalaupun ada itu di lakukan pada jaman dahulu banget..kalo gak percaya bisa tanya penduduk asli toraja apa pernah ada acara penguburan yg mayatnya berjalan dalam kurun waktu 1 abad terakhir. just info gan.. ane walaupun gak lahir di toraja tapi ortu asli toraja..hehehe "?!

Dan foto di bawah ini juga memiliki 2 versi pandangan ada yang percaya bahwa mayat inilah yang bisa berjalan dan ada juga yang mengatakan bahwa foto ini hanyalah sebuah ritual Ganti Kain yang di kenakan sama mayatnya (pembersihan).
ritual ganti kain mayat tana toraja

10 komentar:

  1. mitos atau bukan
    yg pasti bayanginnya jadi syereeem ^^

    BalasHapus
  2. wak aku jadi meringding...
    kunjungi balik ya...
    happy blogging

    BalasHapus
  3. wewwww... Mngerikan ahhh.. Kaburr!!!

    BalasHapus
  4. Brkunjung sob, wah lama g Update ya , ane pernah dnger cerita kaya g2 sob. Bneran ga ya?..aneh bin ajaib ya..

    BalasHapus
  5. wiiiiihiihhii
    mengerikan.... meriniding....
    kalau sekarang aku percaya ada ritual mayat berjalan.
    tapi dalam kurun waktu 10 atau 20 tahun kedepan, anak dan cucuku gak akan percaya ada mayat berjalan, mungkin mereka anggap itu hanya cerita untuk menakutkan anak - anak.

    btw infonya menarik sobbbb!!!!

    BalasHapus
  6. Seperti halnya daerah lainnya di Indonesia yang memiliki ritual & magis (entah efek dari An/D imisme) Toraja menurut Om-ku terdapat aliran ilmu "putih" utk membuat mayat berjalan dg syarat jgn disapa, disentuh, apalagi diajak ngomong. Bapakku asli Toraja ... & kami memiliki Tongkonan Pribadi disana, tapi secara fisik kami belum pernah lihat tuh mayat berjalan "sendiri".

    BalasHapus
  7. percaya gk percaya y gan .
    tp barusan guru ane cerita pas pelajaran seni budaya...
    jd guru ane itu udh 9 tahun setiap 6 bln sekali k toraja bawa turis" k pedalaman tantor..
    nah dy pernah nanya t sama kepala suku d desa itu dy nanya apa bener d tantor mayat bisa berjalan sendiri, trus kata kepala suku nya bsk subuh k rumah dy lg nnt bakal d bawa k desa yg msh bisa melakukan ritual itu ....
    kata nya perjalanan nya dahsyat gan..selama ber jam" blum nyampe jg..

    tp pas dy nyampe emang bener gan..ternyata t mayat emang bisa jln sendiri
    soal nya kalo d gotong g bakal bisa..gunung nya terjal bgt jgn mayat nya harus d jalanin

    tp ane sih msh setengah percaya gan..tp kata nya ntar mw d bawain poto nya..

    BalasHapus
  8. waduh.,.,ini seh menghina saiiah sebagai orang Toraja Gan...
    Blog ini asal copy paste aja.,
    dasar Indonesia, telusuri dlu dong kbenarannya.

    Tampubolon...Tampubolon....
    Tampubolon itu Nama Orang BATAk... O'ON..
    Guoblok...
    ada juga Kamboti nama orang toraja.,
    Leppong, Kalli', Porrok, Butassik..
    Pepayu, Pekoling..itu baru toraja.,

    banyak cerita yg ngarang.,
    payahhhh....
    ini tu foto Ma'nene'...

    BalasHapus
  9. Taibaromu semua...bikin cerita pada ngawurrr...

    BalasHapus

WARNING
!!!....NO SPAM....!!!!