Jumat, 19 Maret 2010

Istilah istilah Komputer dan Internet

istilah Internet
Sebelumnya saya pernah posting tentang definisi dari istilah internet, tapi hanya sedikit saja yang saya jelaskan, nah di postingan ini saya bermaksud untuk menambahkan definisi dari istilah internet sebelumnya, dan semoga saja bisa berguna bagi teman teman newbie seperti saya ini, seperti kata pepatah "ikatlah ilmu dengan menuliskannya" itulah yang saya pegang untuk saat ini dan mungkin akan jadi seterusnya, soalnya dah kepalang candu blog neh, pengen nya nulis dan menulis walaupun tulisannya acak kadut tapi is ok dut lanjuuut.... serupuut kopi dulu biar mangut mangut kaya badut,, wkwkwkkk.


ok saya mulai sekarang.


1. Mikroblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan pengguna untuk menulis teks pembaruan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau keompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut. pesan-pesan ini dapat dikirim melalui berbagai cara, yaitu melalui sms, digital audio, atau web.


2. HTML adalah HyperText Markup Language (HTML) merupakan sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web untuk dapat menampilkan berbagai informasi didalam sebuah web browser. HTML berasal dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan didunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standar Generalized Markup Language). saat ini HTML merupakan standar internet yang didefinisikan, dan dikendalikan penggunanya oleh World Wide Web Consortium (W3C).


3. XML adalah Extensible Markup Language. format universal untuk dokumen terstruktur dan data pada web. XML adalh standar yang direkomendasikan oleh W3C. sebagai bahasa yang terbuka untuk mempersentasikan data, XML menjadi bahasa yang digunakan secara umum untuk berbagai keperluan. saat ini telah banyak fasilitas/layanan diinternet yang ditulis dengan standar XML, antara lain RDF, RSS, MathML, XSIL dan SVG.


4. W3C adalah Worl Wide Web Consortium. badan dunia untuk WWW. W3C bekerja dengan komunitas global untuk membuat standar internasional client dan server yang memungkinkan pertukaran informasi dan komunikasi online melaui internet. konsortium ini dijalankan oleh MIT LCS, INIRA (Institute National the Recherce en Informatique) sebuah lembaga penilitian ilmu komputer perancis bekerja sama dengan CERN, tempat lahirnya WWW.


5. SVG adalah Scalable Vector Graphics. format gambar yang umumnya digunakan pada gambar vektor. keunggulan gambar berformat SVG adalah tampilannya yang tetap rapih sekaipun diperbesar. format gambar SVG mulai diterapkan pada browser, seperti Opera dan Firefox. gambar Vektor diperkirakan akan menjadi format yang cukup banyak digunakan di beberapa tahun mendatang.


6. Tweak adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan perubahan setting, penambahan aplikasi, dan lain lain dengan tujuan meningkatkan kinerja komputer agar bekerja lebih cepat dan efisien.


7. Bug dalam bahasa indonesia diterjemahkan sebagai kutu atau serangga. Bug dalam dunia komputer diartikan sebagai kesalahan desain pada suatu perangkat lunak komputer yang menyebabkan program itu tidak berfungsi sebagai mana mestinya. untuk memperbaiki Bug, biasanya dikenal dengan istilah Debugging.


8. RSS adalah Rich Site Summary (RSS 0.91), RDF Site Summary (RSS 09 and 1.0), Really Simple Syndication (RSS 2.0.0) adalah keluarga format file XML untuk web syndication yang digunakan oleh website berita dan blog. RSS digunakan untuk menyediakan informasi singkat dari konten sebuah website atau blog, beserta link yang merujuk kepada konten seutuhnya.


9. Proxy adalah sebutan ringkas untuk proxy server. komputer serever atau aplkasi yang bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap konten dari internet atau intranet. pengguna yang berinteraksi dengan internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah prxy server sedang menangani request yang dilakukannya. web server yang menerima request dari proxy server menganggap request-request tersebut, seolah olah request itu datang secara langsung dari komputer klien bukan dari proxy server.


10. Server Side adalah sebutan untuk scripting yang dijalankan disisi server, bukan disisi client atau web browser (client Side). ketika requst datang dari client (web browser), web server akan memerintahkan sever scripting meng-generate HTML untuk dikirimkan kepada web browser client. PHP, ASP, CFML, JSP adalah contoh-contoh script Sever-Side.


Definisi dari istilah diatas saya ambil dari Tabloid Pc Mild, dan ditulis sama percis tidak di lebihkan dan dikurangkan. sekedar ingin berbagi temuan, dan menjalankan kewajiban update setiap hari, dan semoga aja bisa bermanfaat bagi teman teman pembaca.
dan bagi pihak PC Mild mohon keridhoannya.

19 komentar:

  1. weleh weleh pakde bahkan tak pernah terpikir kamus bahasa internet, pakde jadi ternganga karena pakde memang tidak mengerti, mungkin selam ini pakde hanya berpikir tentang aplikasi saja, thank's atas sharingnya

    BalasHapus
  2. wah pakde ini bisa aja,,
    pakde kan dah pinter,
    terima kasih ia pakde, komentarnya bakal jadi motivasi buat saya

    BalasHapus
  3. Wah mantap ny mas infox jd tmbh ilmu, ohiya blogx dh ta follow balik thanks ya..salam moblog

    BalasHapus
  4. trims istilahnya banyak membantu maz

    BalasHapus
  5. Info yang menarik sobat. Makasi ya!

    BalasHapus
  6. aku suka ngeblog..hehe
    kunjungi blog ku ya..jangan lupa komentarnya..happy blogging

    SALAM DARI BLOGGER KALTENG

    BalasHapus
  7. buanyak amat sob,,,infonya!!!
    thanks

    BalasHapus
  8. Lengkap banget nich istilahnya. nice artikel sobat ^_^. numpang baca ya.

    BalasHapus
  9. wah bagus ni, saya memang pernah sedikit membaca istilah internet, namun sampai sekarang masih bingung, tulisan ini sedikit menambah wawasan saya...
    thank bro....

    BalasHapus
  10. Istilahnya keren keren kawan

    BalasHapus
  11. Menambah perbendaharaan di istilah internet.siip

    BalasHapus
  12. Yang sudah aku tahu cuma mikroblob dan rss.lainnya aku temukan disini.trims kawan ya

    BalasHapus
  13. Kunjungan rutin sob, keep post like this ;-)..salam

    BalasHapus
  14. wah saya diminta berkunjung keistilah2 nih...
    beberapa ada yg udah pernah dengar tapi ga tau artinya sama sekali, thx deh dah mo ngasih infonya....

    BalasHapus
  15. kalau istilah blogzine artinya apa ya?

    BalasHapus
  16. waaah,lha kok semua bahasanya asing bagi saya ya.katrok tenan aku ki mas..
    matur tengkiyu sobat..

    BalasHapus
  17. berkunjung sambil jalan-jalan siang

    BalasHapus

WARNING
!!!....NO SPAM....!!!!